Inovasi Digital

INOVASI SUGIANTORO, S.SI LAINNYA

Inovasi yang dilakukan penulis dalam pembelajaran biologi lainnya adalah dengan membuat website https://cbt.ksmbiologi.my.id pada tahun 2023, website ini berisi Learning Management System (LMS) Moodle yang dapat diisi banyak hal terkait proses pembelajaran salah satunya adalah untuk Computer Base Test (CBT). CBT Moodle ini penulis gunakan untuk menggantikan penggunaan Google Form dalam proses ulangan harian karena saat itu Goolge Form sangat mudah dicurangi oleh para peserta didik. Sebelum MAN 15 Jakarta menggunakan CBT Moodle sendiri, CBT Moodle yang dimiliki penulis juga digunakan beberapa guru untuk proses penilaian hasil belajar.  
Gambar 2. Website CBT Moodle

Sebagai seorang guru, penulis memiliki banyak hal yang harus dipersiapkan sebagai kelengkapan administrasi dalam memasuki tahun ajaran baru ini. Mulai dari membuat perangkat pembelajaran kurikulum merdeka untuk setiap kelas yang penulis ajar, buku nilai, jadwal mengajar, presensi peserta didik, agenda mengajar, dan lain-lain. Berdasarkan kebutuhan-kebutuhan tersebut maka penulis membuat website https://sugiantoro.my.id/bukupeganganguru yang sangat membantu penulis dalam mengisi administrasi sebagai seorang guru.
Gambar 3. Website Buku Pegangan Guru

Penulis sebagai guru biologi juga membutuhkan 1 website yang dapat memudahkan peserta didik dalam mengakses materi pembelajaran dari ebook yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan terkait dengan kurikulum baru yang kita gunakan yaitu kurikulum merdeka. Maka dari itu akhirnya penulis membuat website yang berisi ebook biologi. Website tersebut adalah https://sugiantoro.my.id/ebook, yang berisi ebook untuk kelas X, kelas XI dan kelas XII. Berdasarkan penuturan peserta didik, mereka merasa sangat terbantu dengan adanya website yang berisi ebook tersebut dalam memudahkan peserta didik dalam memahami materi karena terbatasnya jumlah buku paket yang dipinjami oleh perpustakaan.
Gambar 4. Website Ebook Biologi

Pada tahun ajaran 2024-2025 ini, penulis mendapatkan tugas untuk menjadi wali kelas kelas 12 B. Penulis melakukan inovasi terkait tugas dan fungsi wali kelas dengan membuat website https://sugiantoro.my.id/walas yang berisi foto-foto peserta didik kelas 12 sebagai headernya, jadwal pembelajaran selama sepekan, struktur pengurus kelas, pencapaian prestasi peserta didik pada bulan berjalan, rekap poin pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik, data alumni yang diterima perguruan tinggi negeri dengan jalur SNBP, poster PTN/Kedinasan impian peserta didik kelas 12 B, motivasi dan galeri kenangan kelas 12 B.
Gambar 5. Website Walas

MAN 15 Jakarta pada tahun pelajaran 2024-2025 memiliki target peserta didik yang diterima di PTN melalui berbagai jalur seleksi sekitar 75%. Salah satu jalur seleksi yang perlu mendapatkan perhatian adalah jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) atau melalui seleksi jalur nilai raport. Sudah menjadi kebijakan pimpinan bahwa guru harus memantau nilai peserta didik yang memperoleh rangking nilai 1 sampai 15, dan memberikan nilai sesuai kemampuan dan melihat acuan nilai semester sebelumnya. Melihat dari masalah tersebut maka penulis selaku salah satu wali kelas kelas 12 berinisiatif untuk membuat buku nilai kelas 12 untuk memudahkan proses pemantauan nilai tersebut. Nilai dapat dipantau melalui dua link yang sudah penulis buat yaitu https://sugiantoro.my.id/bukunilai dan https://ksmbiologi.my.id.
Gambar 6. Website Buku Nilai Kelas 12
  
Tugas berikutnya yang diberikan kepada penulis adalah sebagai pelatih olimpiade sains diantara Kompetisi Sains Nasional atau KSN, Kompetisi Sains Madrasah atau KSM dan Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia atau KOSSMI. Kompetisi ini merupakan kompetisi tahunan yang dapat diikuti oleh peserta didik kelas X, XI maupun peserta didik kelas 12. Untuk menunjang pembelajaran persiapan lomba olimpiade maka penulis membuat website https://sugiantoro.my.id.
Gambar 7. Website Pelatih Olimpiade Sains

Dalam keseharian ketika ada tugas dari mata pelajaran tertentu atau tugas dari proyek P5RA, ada kalanya peserta didik bertanya tentang cara membuat website untuk memenuhi tugas tersebut. Disinilah penulis memberikan bimbingan kepada peserta didik mulai dari cara membeli domain dan hosting sampai mereka mengisi website tersebut. Website yang penulis bantu diantaranya https://grensofleb.my.id dan https://expovene.my.id. Yang terbaru pada pekan kemarin ada peserta didik yang meminta bantuan untuk lomba OPSI atau Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia yang harus menampilkan hasil penelitian dalam format video, kendalanya adalah saat mengirimkan hasil video dari aplikasi Canva ternyata tidak dapat diputar videonya. Walaupun dalam keterbatasan hosting yang dimiliki penulis, maka penulis membuatkan direktorinya dari domain ksmbiologi.my.id dengan urlnya di https://ksmbiologi.my.id/opsi.
Gambar 8. Website Lomba OPSI

Inovasi terakhir yang ingin penulis sampaikan adalah pembuatan video pembelajaran di Youtube. Dalam pembelajaran biologi terkadang penulis harus menyertakan penjelasan yang lebih terperinci disertai dengan video atau gambar bergerak atau animasi bahkan. Karenanya penulis membuat Youtube channel yang saat ini telah mencapai 1200-an subscriber  dengan url https://www.youtube.com/@antobeda81. Video yang dibuat mulai dari penjelasan materi pelajaran kelas X dan XII, materi KSM Biologi, video tentang langkah praktikum biologi dan lain-lain.
Gambar 9. Youtube Channel

Demikianlah transformasi teknologi pada pembelajaran biologi yang penulis lakukan di MAN 15 Jakarta, perubahan tidak akan terwujud jika kita tidak memulainya dengan langkah kecil. Semoga langkah kecil yang penulis lakukan dapat teruskan dikembangkan sehingga memberikan peningkatan kompetensi bagi penulis dan peserta didik yang penulis ajar di MAN 15 Jakarta. Terima kasih kesediaanya membaca tulisan ini.

Post a Comment